Rahasia Menata Materi Ajar
Resume ke-19 KBMN-28
Puji Tuhan!
Tak terasa sudah berada di pertemuan ke-19 Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI gelombang 28. Berharap setiap resume yang dibuat dan dikumpulkan adalah resume baik. Yang semakin bagus setiap pertemuannya. Mengikat materi/ilmu dengan tulisan. Seperti kata OmJay, Sang Motivatorku, Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya. Terima kasih, Orang Baik yang tak henti membimbing dan mengarahkan para Guru di Nusantara tercinta.
Malam ini kami mendapatkan Narasumber yang luar biasa. Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd dinyatakan telah meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional sebagai buku terbaik.
Ibu Muda, sapaan akrabnya, akan membagikan ilmu dan pengalamannya dalam menulis buku ajar. Buku yang sebaiknya ditulis oleh Guru mata pelajaran tersebut karena guru paling tahu karakteristik siswa, sekolah, dan latar belakang lingkungan peserta didiknya. Isinya pasti berbeda dengan buku ajar yang lain.
Hal yang mengejutkan, bahwa ketika buku ajar yang kita buat dipakai oleh ribuan sekolah, kita akan memiliki royalti buku besar. Bisa-bisa, ratusan juta uang masuk rekening. Luar buasa bukan?
Sebelum lanjut dalam materi, kita berkenalan lebih dekat dengan Ibu Muda.
Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd.
Beliau merupakan seorang Konselor, Penulis dan Asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang, untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling.
Beliau ternyata alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu.
Super keren!
Rahasia menata materi bahan ajar yang mudah sebagai seorang pendidik yaitu Sebagai penulis buku, kita harus menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen.
Bahan ajar vs buku ajar
1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3. Bahan Ajar Cetak :
- Buku Teks, Buku Referensi, dan Monograf,
- Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ
- Panduan = Petunjuk = Pedoman,
- Atlas = Peta
- Diagram = Poster
- Brosur = Leaflet = Manual
- Bahan Ajar non-Cetak
- Internet = Web Based Courses = e-learning
- CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer
- Slide
- Video / TV
- Audio / Radio
Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
Jika muncul pertanyaan : MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?
Jawabannya :
- Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa.
- Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru.
- Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja.
- Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi.
Penulisan buku mengacu pada TRILOGI PEMBELAJARAN : Tujuan, Strategi dan Penilaian. Mengapa? Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen
Beban belajar mahasiswa untuk 2 sks (SN-DIKTI, 2015): 2 sks = 340 menit.
APA SAJA KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
- Promosi & Kenaikan Pangkat
- Mendapatkan insentif
- Finansial-Royalti
- Eksistensi diri
- Media Ekspresi
- Branding Personal dan Institusi
- Penguatan Keilmuan
- Eksistensi diri
Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran Bagaimana CAPAIAN PEMBELAJARAN ? Guru adalah sebagai Peneliti dan Pembelajar.
Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar. Guru membuat RPS/Silabus. Desain pembelajaran sebagai langkah awal untuk memulai.
Semua mata pelajaran yg di desain itu sama dengan outline calon buku kita.
JENIS-JENIS BUKU AJAR :
- BUKU AJAR,
- BUKU MODUL,
- DIKTAT,
- PETUNJUK PRAKTIKUM,
- NASKAH TUTORIAL
BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN :
1. BUKU REFERENSI, 2. MONOGRAF
BUKU AJAR VS BUKU TEKS
Buku Ajar pada umumnya:
- Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mahasiswa.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
- Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
- Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
- Selalu memberikan rangkuman.
- Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa.
- Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
- Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
- Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada umumnya:
- Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
- Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Disusun secara linier.
- Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
- Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
- Belum tentu ada rangkuman.
- Materi buku teks sangat Dikemas untuk dijual secara umum.
- Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
- Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR
- PENATAAN INFORMASI (compilation text). Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun.
- PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging) Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS.
- MENULIS SENDIRI (starting from scratch) Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.
PROSEDUR KOMPILASI :
- Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
- Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
- Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
- Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
- Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.
- Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
- Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.
PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
- Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
- Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.
- Petunjuk belajar bagi mahasiswa.
- Latihan.
- Ringkasan.
- Umpan balik.
- Evaluasi formatif.
PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI)
- Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).
- Guru mempunyai kemampuan menulis.
- Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.
- Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajara
PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
- PRINSIP RELEVANSI
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam.
3. PRINSIP KECUKUPAN
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
SISTEMATIKA BUKU AJAR
1. Pendahuluan
- Penyajian
- Penutup
- Daftar Pustaka
- Senarai (glossary)
- Prakata
- Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa
- Identitas Mata Kuliah
- Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
- Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
- Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I
- Kemampuan Akhir
- Indikator
- Pendahuluan, terdiri dari:
- Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut.
- Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.
Penyajian:
- Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
- Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.
- Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi.
- Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.
Penutup, terdiri dari:
- Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan Akhir.
- Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes).
- Tindak lanjut.
DAFTAR PUSTAKA
SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR INDEX (jika diperlukan).
Wah, materi yang padat. Daging semuanya.
Terima kasih.
Ceritanya, hari senin ini, saya mengerjakan tugas mengajar sembari membuat perangkat keperluan Penilaian Akhir Semester Genap kelas XII, Penilaian Tengah Semester genap kelas XI dan Sumatif Tengah Semester kelas X. Penilaian ini dilaksanakan sesuai kalender pendidikan propinsi Sulawesi Utara yaitu tanggal 1 sampai 9 Maret 2023.
Pulang sekolah, masak dan beres-beres rumah. Jam 6 sore, pertemuan dan latihan persiapan Ibadah Kebaktian Penyegaran Iman kolom. Saya dipercayakan sebagai Worship Leader.
Saya mulai kehilangan konsentrasi ketika waktu menunjukkan pukul 20.00. Wah, kelas udah mulai, Nih.
Selesai latihan pukul 21.50 saya bergegas pulang dan mencari posisi terbaik untuk memahami materi dan meramu resume. Menyetor link resume pukul 23.05 dengan mata sayu dan bibir tersenyum. Lumayan urutan list ke-16😇.
Finally, pertemuan 19 boleh terlewati.
Puji Tuhan!
2 Komentar:
Lengkap, Bu Helni!
Terimakasih, Bu.
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda