Rabu, 22 Februari 2023

Kiat memasarkan Buku

 Resume ke-20 KBMN-28

Tanggal             : 22 Februari 2023
Tema                 : Pemasaran Buku
Narasumber  :  Agus Subardana, S. E., M. M
Moderator       : Purbaniasita KS, S. Pd

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Syalom
Om Swastiastu
Nammo budhaya
Salam Kebajikan 

Puji dan syukur atas anugerah Tuhan. 
Malam ini merupakan malam ke-20 Kelas Belajar menulis nusantara gelombang 28. Malam yang indah ketika langit benderang dengan gemerlap bintang. Duduk santai di teras rumah, menemani anak-anak yang bermain Ludo, permainan memakai dadu yang baru saja dibeli, manjur mengalihkan mereka dari siaran TV dan Handphone.

Menikmati keceriaan mereka dengan mata tidak lepas mengawasi gawai, khususnya WA Grup KBMN. 

Malam yang penuh semangat ini, kelas akan belajar tentang hal-hal yang dilakukan setelah proses tulisan di bukukan. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa muara dari tulisan-tulisan yang ditulis adalah buku. Banyak penulis buku pemula kebingungan untuk langkah selanjutnya setelah buku terbit. Akan dipasarkan dimana? Bagaimana caranya?

Pemasaran Buku adalah materi yang menggugah rasa ingin tahu para penulis pemula. Oleh karena itu, seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku, telah dipersiapkan oleh Tim Solid OmJay. 

Direktur dan Marketing penerbit ANDI adalah pilihan mereka. Seorang Pria sejati yang telah berkecimpung Selama 18 tahun 2 bulan dalam dunia penerbitan.
Menjadi Pendidik dalam hal ini Dosen Tidak Tetap selama 4 Tahun di STIE Wiyata Mandala  Jakarta.

Riwayat pendidikannya adalah lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran, merupakan bukti keprofesionalan yang valid.
Beliau adalah Agust. Subardana  S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus.

Langsung saja kita simak materinya, ya. 

Bapak Agus menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini.

Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Ternyata, untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, agar tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka perlu  ada strategi pemasaran. 

Dikatakan bahwa strategi pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. 

Aspek-aspek yang mempengaruhi 
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik.

Hal pertama dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Dari jenis – jenis katagori buku tersebut dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada umumnya meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Dua strategi pemasaran yang dilakukan oleh Penerbit ANDI adalah sebagai berikut :

 A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

a. Pemasaran buku lewat Online 
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer, maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Bapak Agus memaparkan Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan  Penerbit ANDI antara lain :
1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2. *Search Engine Optimization (SEO)*. SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3. *Search Engine Marketing (SEM)* merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. *Social media marketing* memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 
Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. 

Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. 

Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga

Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu

5. Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7. *Influencer Marketing* . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8. *Video marketing* untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Penjualan buku melalui Online menuntut sikap proaktif dalam melakukan promosi. Mengapa? Supaya dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit 
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas.
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku.

Penjualan lewat komunitas  lebih efektive dan efisien. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi saat melakukan penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll.

B. *Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE )*.
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat dikelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :

1. *Toko Buku* 
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. 

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern.


2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung.

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . 

Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum.

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah 
- Kunjungan langsung ke setiap kampus 
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

3.  Melakukan Event – Event 

Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Puji Tuhan. Materi yang unik untuk para guru sekaligus penulis yang masih pemula. 
Terima kasih, Pak Agus. 
Terima kasih Penerbit Andi. 
Sukses selalu.

20 Komentar:

Pada 22 Februari 2023 pukul 06.22 , Blogger Farida Lisanti mengatakan...

Keren resumenya 👍

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.29 , Blogger iimsholihah1975.blogspot.com mengatakan...

lengkap Bunda ... jempol....

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.38 , Blogger Azizah Fahmi mengatakan...

Tercepat kedua

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.38 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Sama-sama, Bunda sayang. Keren juga Resumenya Bunda. Selalu semangat.

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.38 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Terima kasih, Bu.

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.39 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

🙏😊 Terima kasih sudah mampir.

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.43 , Blogger Dwi Arica Martiani mengatakan...

HITAM MISTERIUS...F1 KBMN TOP

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 06.58 , Blogger RAmbawani mengatakan...

Baguus

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 07.05 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Terima kasih 🙏

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 07.05 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Terima kasih sudah mampir 🙏

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 07.17 , Blogger Saepul hikmah mengatakan...

Mantap superlengkap

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 07.30 , Blogger Toyibah Sobari mengatakan...

Super keren👍narasinya mengalir

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 09.04 , Blogger agistyputeri25 mengatakan...

Dirimu selalu F1 Bu Helny...

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 13.32 , Blogger Agung PS mengatakan...

Semangat dan keren

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 14.14 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Terima kasih. 🙏

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 14.15 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Terima kasih, Bu. 🙏

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 14.16 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

😊🙏 Terima kasih

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 14.16 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Siap. Terima kasih.

 
Pada 22 Februari 2023 pukul 19.12 , Blogger yuhanah0403 mengatakan...

Lengkap resume nya, semangat Bu..

 
Pada 24 Februari 2023 pukul 01.42 , Blogger Deasy Pebriyanti mengatakan...

Kereeen..

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda