Minggu, 08 Januari 2023

Kunci Sukses Sepanjang Tahun

 


Hari Minggu ini adalah Minggu yang kedua di tahun 2023. Umat Kristiani akan beribadah di gedung Gereja sesuai jadwal gereja masing-masing. Saya mengambil bagian dalam ibadah sesi ketiga di jam 16.00 WITA. Empat sesi ibadah di Jemaat GMIM Pinaesaan Griya Paniki Indah berlaku pada Pukul 06:00, 10:00, 16:00 dan 18:00 WITA.

Ibadah sesi ketiga ini dipimpin oleh Ketua Jemaat, Bapak Pendeta Roy Lengkong, S. Th. Pembacaan Alkitab sekaligus bahan renungan di ambil dalam Kitab Perjanjian Baru, 2 Tesalonika 3:1-15. Lembaga Alkitab Indonesia memberikan judul Berdoa dan Bekerja.

Pendeta mengawali khotbah dengan menyampaikan Semboyan Presiden RI, Joko Widodo yaitu harus bekerja demi hari esok yang lebih baik. Kerja, kerja dan kerja. Sehingga menamakan Kabinetnya, Kabinet kerja.

Berkaitan dengan pembacaan Alkitab, Rasul Paulus mengingatkan umat pada waktu itu untuk bekerja. Jangan berpangku tangan.

Bapak Pendeta menyampaikan bahwa menerima apa yang telah terberi adalah kebiasaan masyarakat Minahasa yang menurunkan etos kerja karena tidak melandaskan pada pemahaman yang dalam tentang makna mengapa kita harus bekerja.

Paulus memberi contoh dalam kehidupannya untuk ditiru jemaat saat itu untuk bekerja.

Kita diberikan berbagai kemampuan dan talenta bukan untuk bermalas-malasan tetapi mengupayakan setiap talenta dengan rajin untuk kemuliaan Tuhan.

Apa pun pekerjaan kita adalah bentuk pelayanan kita kepada Tuhan. Merupakan panggilan iman.

Bekerja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bekerja bukan untuk lahiriah tetapi lebih daripada itu untuk menyenangkan hati Tuhan.

Kolose 3:23 apapun juga yang kamu lakukan kerjakanlah itu Tuhan bukan untuk manusia.

Mari tinggalkan kesibukan yang tidak berguna. Jangan pilih-pilih kerja seperti kebiasaan sebagian orang Minahasa.

Biarlah kita tidak membuang waktu kita yang singkat di dunia ini. Kita produktif bagi sesama dan Tuhan. Karena jika kita berhasil bukan hanya kesejahteraan hidup kita tetapi kemuliaan nama Tuhan.

Beliau menutup Khotbah dengan mengajak kemaat untuk mengembangkan etos kerja yang baik di tahun yang baru ini. Disiplin, Kerja Keras dan Berdoa.

Nyanyian sambutan sesudah khotbah dari kolom 31 setelah sebelumnya nyanyian sambutan sebelum khotbah dari kolom 15.

Ada penyampaian Warta Jemaat Dari Penatua Fill Diamanti yang mengajak jemaat untuk terlibat dalam doa, dana maupun tenaga dalam pembanguan gedung gereja yang baru. Yang diharapkan di bulan Mei Nanti sudah bisa dipasang Atap. Karena pembangunan saat ini sudah 11 persen.

Kegiatan ibadah diakhiri dengan jabat tangan bersama Pendeta di depan pintu masuk Gereja.

3 Komentar:

Pada 8 Januari 2023 pukul 06.26 , Blogger Wijaya kusumah mengatakan...

terima kasih

 
Pada 8 Januari 2023 pukul 06.29 , Blogger HeruniUntu mengatakan...

Terima kasih sudah mampir, Pak.

 
Pada 8 Januari 2023 pukul 21.36 , Blogger Murniaty Munir mengatakan...

Kereeen eui

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda